Modifikasi Handle Rem dengan Milik Satria FU

Setelah kemarin mencertiakan pembelian handle rem ori milik satria fu, sekarang saatnya proses pemasangan handle rem di Supri. Handle rem (brake lever) merupakan hal yang sanga penting dalam sebuah kendaraan bermotor khususnya roda dua, karena dengan benda ini kita dapat berhenti dengan baik. Memilih handle rem variasi bukan merupakan hal yang salah selama masih memenuhi beberapa unsur keselamatan, namun jika ada yang ori dari pabrikan yang sudah teruji kualitasnya mengapa tidak. Ada beberapa unsur yang saya perhatikan dalam memilih handle rem agar nyaman serta aman saat digunakan.

Pertama adalah bentuknya, karena harus digenggam dengan jari saat mengerem tentunya handle rem harus memiliki bentuk yang nyaman untuk digenggam agar tidak sakit ketika digunakan. Handle rem variasi yang sebelumnya saya gunakan memilki bentuk yang agak mengotak berbeda dengan milik FU ini yang agak membulat, memang bentuk agak mengotak lebih keren saat dilihat. Namun saat menggunakan handle rem varaisi sebelumnya saya sering merasa sakit dibagian jari tengah tentu akan sangan menganggu karena jari telunjuk tangan kanan merupakan senjata saya saat kuliah, jika sakit tentu akan merugikan diri saya.

Setelah bentuk, unsur kedua yang saya perhatikan adalah bahan yang digunakan. Handle rem merupakan benda vital pada motor, maka dari itu dibutuhkan bahan yang kuat dan kokoh agar tidak patah. Bayangkan ketika sedang mengendarai motor tiba-tiba patah, bisa bahaya dan sangat merugikan. Pada handle rem ini terdapat lapisan pada bagian baut namanya bushing atau apa ya? tentu dengan itu membuat handle rem ini tidak gampang oblak.

Proses pemasangan handle rem sangat-sangat mudah, ketelaluan buat yang biasa kunci pas gak bisa bongkarnya. Untuk Supri hanya membutuhkan kunci no.10 tidak ada yang lainnya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas baut dan mur yang terpasang, lepas terlebih dahulu mur yang ada pada bagian bawah kemudian lepas baut yang ada dibagian atas. Jika baut dan mur sudah telepas, kemudian lepas handle rem dari tempatnya. Kemudian pasang handle rem yang baru ke tempat tadi dan paskan dengan lubang agar mudah memasukkan bautnya. Langkah selanjutnya pasang terlebih dahulu baut kemudian murnya. Jika sudah terpasang tes apakah bekerja dengan baik, dan cek juga apakah lampu rem menyala apabila handle ditarik.

Mudah bukan, gak perlu pergi kebengkel untuk sekedar memasang handle rem cuma dibutuhkan waktu tidak lebih dari 10 menit  dan 1 buah kunci pas untuk memasangnya. Sekian artikel ini, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s