Sudah 8 tahun 40rb KM Baru Sekali Bongkar Mesin

Kemarin sepluang kuliah saya menyempatkan diri mampir ke bengkel umum untuk mengganti kampas kopling dan per kopling. Dengan membawa kampas kopling ori, per kopling merek CLD tipe kompetisi dan oli kawasaki pun saya pergi dari rumah. Sesampai nya dibengkel sayapun ditanya oleh mekanik yang sedang menyantap makan siang (maklum saya dateng seusai waktu dzuhur) “mau ngapain mas?” saya pun langsung menjawab “bisa ganti kampas kopling gak?” si masnya nanya lagi “motor apa mas?” saya pun langsung menjawab “motor ini (saya membawa supra x 125r tahun 2008)” kemudian masnya jawab “bisa, langsung parkir aja didalam” setelah itu saya pun langsung memasukkannya ke dalam bengkel.

IMG_20160528_064333_new

Peralatan dibengkelnya cukup lengkap bahkan menggunakan kunci angin untuk membongkar beberapa mur. Ketika dibongkar mekaniknya nanya “baru pertama dibongkar ya mas”, saya pun kaget karena saya kira ini sudah penggantian kampas kopling yang keduakalinya sebab saya membeli motor ini bekas. Dengan itu berarti kurang lebih sudah 8 tahun dan 40rb KM dong ini mesin kagak pernah dibongkar, kondisi kampas koplingpun belum habis hanya saja per kopling memang sudah sangat lemah sekali. Untuk kopling ganda pun masih sangat bagus tidak ada tanda-tanda harus segera diganti dan untuk parts yang lain juga begitu serta tidak ada yang oblak sama sekali.

Perawatan mesin yang saya jalani selama ini sangat simpel sekali, hanya mengganti oli mesin setiap kurang lebih 2000 KM sekali walaupun klaim pabrikan oli dapat lebih dari itu. Hal simpel yang dapat mengurangi kemungkinan kerusakan mesin yang lebih parah sehingga tidak perlu banyak biaya yang harus dikeluarkan. Sekian artikel ini, semoga dapat bermanfaat.

 

2 thoughts on “Sudah 8 tahun 40rb KM Baru Sekali Bongkar Mesin

  1. kirain bongkar mesin hhead dan block nya mas.. ternyata kalter kanan toh..
    sip sip
    perawatan rutin dan berkala mengurangi dampak kerusakan part.. gak rugi buyer yg beli dari orang2 seperti sampeyan lek, andaikata nanti dijual..

    Suka

Tinggalkan Balasan

