Pembuatan e-KTP itu Gak Ribet, Namun Harus Sabar

e-ktp-pontianakpost1
sumber : e-ktp.com

Assalamualaikum Wr.Wb

Ribet.. Lama.. mungkin itu yang ada dibenak sobat semua ketika akan mengurus e-KTP, apalagi akhir-akhir ini Pemerintah memberikan batas akhir khusus untuk perekaman diri untuk e-KTP sehingga membuat ketar-ketir masyarakat karena akan kesulitan jika belum memiliki e-KTP nanti. Sebenarnya proses untuk pengajuan pembuatan e-KTP itu tidaklah seribet yang mungkin sobat pikirkan walaupun memang harus bersabar, karena banyaknya peserta membuat antrian lebih panjang. Membeludaknya para peserta yang mengajukan e-KTP juga membuat kewalahan para petugas dilapangan dan juga para peserta itu sendiri, dengan itu pesertapun harus meluangkan waktu lebih banyak untuk meyelesaikan proses tersebut. 

Alhamdulillah kemarin 1 September 2016 saya sudah melakukan perekaman e-KTP. Apa aja sih syarat ataupun berkas yang harus dibawa? dari pengalaman saya ada beberapa berkas yang harus dibawa diantaranya : KK (Kartu Keluarga) beserta copynya; Surat Pengantar dari Kelurahan; Fotocopy KTP lama jika sudah memiliki KTP biasa sebelumnya; dan Pas Foto. Kemungkinan terdapat perbedaan berkas yang harus dibawa dengan daerah lainnya, maka alangkah lebih baiknya sobat bertanya kepada tetangga atau orang yang sudah mengurus e-KTP di daerah sobat tinggal.

Apabila semua berkas sudah siap, rapihkan semua berkas dan dijadikan menjadi satu agar tidak tercecer nanti kecuali KK asli, KK asli cukup dibawa untuk jaga-jaga saja. Pas Foto juga dapat diberikan bersama berkas ataupun nanti saat pengambilan resi, Pas Foto yang diperlukan saat saya melakukan perekaman e-KTP adalah berukuran 4×6 cm.

Untuk prosesnya pun sangat mudah, sobat tinggal pergi kekecamatan setempat dan mengambil nomor antrian untuk perekaman e-KTP, namun karena kemarin kondisi saat saya melakukan perekaman e-KTP tidak memungkinkan sehingga dibuat antrian dengan berbaris panjang kebelakang. Apabila sudah mendapat bagian untuk masuk ke ruang perekaman, sobat tinggal duduk ditempat yang sudah disediakan dan memberikan berkas yang sudah disiapkan sebelumnya kepada petugas. Disana anda akan melakukan verifikasi data diri, foto secara digital, membubuhkan tanda tangan pada alat, kemudian pemindaian sidik jari dan retina mata dengan alat. Jika sudah sobat tinggal menunggu pemanggilan untuk pengambilan resi sebagai bukti bahwa sobat sudah melakukan perekaman e-KTP dan akan diberi tahu kapan e-KTP dapat bisa diambil. Resi ini juga digunakan untuk pengambilan e-KTP nanti. Resi yang saya dapatkan berupa Surat Keterangan, dimana isinya dijelaskan bahwa saya sudah melakukan perekaman e-KTP dan surat tersebut dapat digunakan sebagai pengganti e-KTP hingga e-KTP jadi.

Kemungkinan ada beberapa perbedaan dalam perekaman e-KTP ini, namun seharusnya tidak terlalu jauh dari apa yang sudah saya jelaskan diatas. Bagaimana sob, mudah bukan? memang untuk melakukan proses ini sangat dibutuhkan kesabaran dan waktu yang luang. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, dan apabila ada yang membingungkan silahkan isikan pada kotak komentar dibawah. Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Iklan

2 thoughts on “Pembuatan e-KTP itu Gak Ribet, Namun Harus Sabar

  1. Bro, ane g dpt resi n petugasnya bilang “kan ktp lama mu udh ada, nanti tinggal ke kelurahan bawa ktp lama mu, ambil e-ktp mu” cma gtu, jd g ad surat keterangam ataupun surat2 lainny yg saya trima stlah perekaman data, gmna nih sob?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s