Rem Cakram Motor Macet? Jangan dibiarkan!

kaliper

Rem Cakram Motor Macet? Jangan dibiarkan. Rem Cakram atau Disc Brake bukanlah hal yang asing lagi untuk kita terutama pengguna kendaraaan bermotor baik mobil ataupun motor, apalagi kini hampir semua motor menggunakan piranti jenis ini untuk bagian pengereman. Mungkin sobat ada yang pernah mengalami roda tidak dapat berputar bebas (seret), jika dibiarkan hal ini dapat mengakibatkan habisnya kampas rem dikarenakan kampas rem terus menempel dengan piringan cakram sehingga tergerus terus-menerus. Dalam kasus ini ada beberapa part yang dapat dicurigai yaitu kaliper dan master rem.

Pada umumnya kejadian rem macet terjadi karena adanya kotoran pada bagian kaliper maupun master rem. Pada kaliper biasanya terdapat kotoran pada bagian piston yang menyebabkan piston tidak dapat kembali atau tersangkut ketika rem sudah dilepas. Untuk melakukan perbaikan ini sobat dapat membersihkan bagian dalam kaliper dengan cara membongkarnya, namun untuk membongkar bagian ini cukup sulit untuk orang awam, maka saya sarankan untuk dilakukan dibengkel saja.

Apabila sudah membersihkan bagian kaliper namun masih macet, coba sobat bersihkan juga bagian master rem. Seperti kasus kaliper biasanya terdapat kotoran yang terdapat dalam master rem yang menyebabkan terganggunya kerja dari master rem itu sendiri. Selain dua part diatas, macetnya rem juga dapat disebabkan karena minyak rem yang kotor. Maka dari itu ada baiknya selalu memperhatikan dan mengganti minyak rem secara berkala, karena kotoran ini dapat merusak piranti pengereman jika dibiarkan terlalu lama.

Sekian artikel ini, semoga dapat bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s