Tips: Membersihkan Rantai Sepeda Motor

Rantai merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah sepeda motor, jika tidak ada rantai kendaraan tidak akan bergerak sob kecuali skutik yang menggunakan belt atau moge yang menggunakan gardan :D.  Namun belt dan gardanpun perlu juga dilakukan perawatan. Hal berbahaya yang dapat terjadi yaitu rantai tersangkut digear yang dapat mengakibatkan kecelakaan dan apabila rantai yang terputus menyabet bagian dari crankcase dapat mengakibatkan kerusakan yang pasti untuk perbaikannya sangat membutuhkan banyak sekali biaya.

Maka dari itu perawatan rantai merupakan hal yang terpenting bagi setiap pengendara. Perawatan yang dilakukan sangatlah mudah cukup melumasinya. Sebelum melakukan pelumasan pada rantai, alangkah lebih baiknya sobat membersihkan rantai yang sudah kotor terlebih dahulu agar pelumasan yang baru dapat lebih maksimal. Hal inipun tidak perlu dilakukan pada setiap pelumasan, sobat dapat melakukannya sesekali saja. Untuk pembersihkan rantai, sobat dapat menggunakan chain cleaner yang biasanya sudah menjadi pasangan dari chainlube. Ada beberapa orang yang menggunakan bensin ataupun solar untuk membersihkannya, namun saya tidak tahu efek yang akan diberikan.

Apabila sobat tidak menggunakan chain cleaner karena males beli ataupun menggunakan bensin ataupun solar karena takut akan efek yang diberikan. Sobat dapat menggunakan sabun colek untuk membersihkan rantai. Sayapun telah memperaktekan hal ini, namun apabila sobat ragu jangan ikuti langkah ini. Untuk langkah-langkahnya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya :

  1. Posisikan motor dengan standar tengah, apabila tidak ada gunakan paddock dan posisikan gigi pada posisi netral.
  2. Siapkan sabun colek merek apapun, wadah untuk sabun, sikat gigi, lap, dan air.
  3. Masukkan sabun ke wadah dan diberi sedikit air, namun jika tidak diberi air juga tidak apa-apa.
  4. Celupkan sikat kedalam wadah sebelumnya atau mengoleskannya dengan sabun.
  5. Sikatkan rantai secara perlahan hingga rantai bersih dan tidak ada lagi kotoran yang tersisa.
  6. Apabila rantai sudah terlihat bersih, bilas dengan menggunakan air. Lakukan langkah ini hingga benar-benar tidak ada sabun yang tersisa.
  7. Jika sudah bersih dari sabun, keringkan air menggunakan lap atau dapat menggunakan kompresor angin untuk lebih bagusnya. Saat mengelap rantai lakukan secara hati-hati, jangan sampai tangan sobat terjepit gear, sakit sob :D. Biasanya saya melakukannya mengarah kearah gear depan, karena biasanya pengelapan dilaukan dekat dengan gear belakang sehingga jarak ke gear depan cukup jauh. Pokoknya lakukan secara hati-hati.

Apabila langkah diatas sudah dilakukan, rantai sudah siap untuk dilumasi dan simpan sabun colek sisa untuk digunakan kembali atau untuk mencuci yang lainnya :D. Sekian artikel ini semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

 

 

Iklan

7 thoughts on “Tips: Membersihkan Rantai Sepeda Motor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s